Jumat, 24 Februari 2023

Demonstrasi Konstektual Modul 3.2 : Pemanfaatan Aset Dengan Bagja

 


Kegiatan Demonstrasi kontekstual modul 3.2 ini tentang pemanfaatan aset dengan Bagja  di awali dengan menganalisis tayangan video praktik baik pembelajaran   pada https://youtu.be/YMflitCt1yI yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid dengan mengunakan pertanyaan -- pertanyaan pemandu sebagai berikut :

  1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?

“ Terwujudnya sekolah yang berkarakter, inovatif , mandiri serta peduli  “

  1.  Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?

Prakarsa perubahan yang dilakukan guru tersebut adalah  “ mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk semangat belajar “

  1. Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?

“ Bagaimana cara  mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan dalam belajar?” .

  1. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan    tahapan BAGJA :

 


B. Buat pertanyaan (DEFINE)

 

 

NO

 

Pertanyaan

 

Tindakan

1

Bagaimana meningkatkan semangat belajar murid?

 

Guru membicarakan dan mengali informasi dari berbagai sumber serta mebicarakan dengan rekan sejawat maupun kepala sekolah

2

Bagimana mewujudkan kelas yang nyaman dan dan menyenangkan

 

Membuat pertanyaan pemantik kepada siswa tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan bagi kepada murid berupa membuat pertanyaan "Penyemangat Belajar".

 

 

 

 

 

A.     Ambil Pelajaran (DISCOVER)

 

 

NO

 

Pertanyaan

 

Tindakan

 

 

1

Kelas mana di sekolah ini yang sudah berhasil membuat kelas nyaman dan menyenangkan?

 

 

Mencari contoh nyata kelas yang sudah diatur menjadi kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk di observasi dan dikunjungi

 

2

Bagimana mengatur kelas yang nyaman dan menyenangkan?

 

Mencari informasi tentang cara menjadikan kelas nyaman dan menyenangkan dengan mengindetifikasi bentuk pertanyaan pemandu kegitan tanya jawab dengan murid sebagai berikut: a. Kegiatan apa yang dilakukan untuk mendapatkan kelas yang nyaman dan menyenangkan. b.Apa yang disukai siswa tentang kelas yang menyenangkan? dan mengiventarisasi kelas sendiri yang sudah baik dan menyenangkan.

 

 

C. G Gali Mimpi (DREAM)

 

NO

 

 

Pertanyaan

 

Tindakan

1

Apakah yang dibayangkan tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan?

 

 

Meminta siswa membayangkan dengan memejamkan mata kelas yang nyaman dan menyenangkan

 

2

Kelas seperti apa yang di inginkan dan dimimpikan?

 

Mendorong siswa untuk mengemukakan pendapat di depan/diskusi kelompok untuk mengambarkan kelas yang nyaman dan menyenangkan

 

3

Kelas yang nyaman dan menyenangkan seperti apa yang dapat meningkatkan semangat belajar?

 

Siswa mempresentasikan kelas impian yang nyaman dan menyenangkan yang dapat meningkatkan semangat belajar dan guru mencatat seperti apa kelas nyaman dan menyenangkan yang di inginkan

 

 


D. J Jabarkan Rencana (DESIGN)

 

NO

 

 

Pertanyaan

 

Tindakan

1

Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan sesuai impian dan berapa lama target waktu untuk mencapainya?

 

Berdiskusi serta berkolaborasi dalam mengiventarisasi hasil pemikiran /usulan dan membuat catatan khusus target yang ingin dicapai tentang kelas yang nyaman dan mnyenangkan sesuai impian murid.

 

2

Apa yang dibutuhkan dan dilakukan untuk mewujudkan kelas impian sesuai keinginan murid?

 

Guru membagi murid dalam beberapa kelompok dan memberikan tugas untuk masing -- masing kelompok serta berkolaborasi dengan rekan guru dan murid dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan

 

 

E. A ATUR EKSEKUSI  (DELIVER)

 

NO

 

 

Pertanyaan

 

Tindakan

1

Kapan waktu untuk memulai dan siapa yang dilibatkan dalam penyusunan kelas yang nyaman dan menyenangkan?

 

 

Mengeksekusi Tindakan dengan membentuk kelompok kerja dengan tugas yang telah ditetapkan, pembagian tugas kelompok terdiri dari membersihkan kelas,membuat hiasan dinding,menyusun bangku dan buku juga memasang hiasan pada dinding dilanjutkan dengan memberikan semangat dan motivasi oleh guru.

 

2

Bagimana mengatur kelas yang nyaman dan menyenangkan? Siapa yang mengarahkan/memantau serta mendampingi dalam pelaksanaan dan memecahkan kesulitan dalam pelaksanaan mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan?

 

 

Guru melakukan pendampingan serta membantu penyelesain apabila ditemui kendala yang ditemui dan memberikan apresiasi kepada siswa setelah membuat ruang kelas menjadi nyaman dan menyenangkan.

 

 




Apa peran pemimpin yang tergambar dalam tayangan video?

ü  Guru menerapkan pendekatan berbasis aset karena guru fokus memanfaatkan semua aset dan kekuatan yang dimiliki oleh kelas tersebut

ü  Guru membayangkan kesuksesan yang akan diraih di masa depan oleh para muridnya

ü  Guru mampu mengorganisasikan kompetensi dan sumber daya yang ada dan mampu membuat rencana berdasarkan visi dan kekuatan yang ada dalam kelas

ü  Guru mampu mewujudkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan seperti yang di impikan/di inginkan oleh guru dan seluruh murid

Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu bagaimana pemanfataannya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut disajikan tabel sebagai berikut

 

No

Modal Utama

Contoh Pemanfaatan

1

Modal Manusia

 

ü  Guru yang visioner, berjiwa pemimpin serta berpihak pada murid

ü  Guru yang berpihak pada murid yang disertai dengan kolaborasi dengan murid yang mandiri dan kreatif dalam mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan.

 

2

Modal Sosial

 

ü  Kolaboratif, keharmonisan, saling percaya, tujuan dan cita -cita yang sama

ü  Hubungan sosial yang baik dengan rekan sejawat dan murid sehingga bisa mewujudkan secara Bersama-sama tentang rencana yang baik

 

3

Modal Fisik

 

ü  Ruang kelas, sarana prasarana yang mendukung

ü  Adanya ruang kelas dan pendukungnya untuk diubah menjadi kelas yang nyaman dan menyenangkan

 

4

Modal Lingkungan/ Alam

 

ü  Sumber daya dan bahan -- bahan yang berasal dari alam

ü  Adanya kegiatan menghias kelas yang menggunakan beberapa bahan dari alam

5

Modal Finansial

 

ü  Pendanaan dari sekolah berupa dana bos serta sumbangan dari berbagai pihak

ü  Modal finansial dalam menyediakan peralatan dan bahan yang digunakan untuk menghias kelas oleh murid sehingga mampu mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar