Kegiatan Demonstrasi kontekstual modul 3.2 ini tentang pemanfaatan aset dengan Bagja di awali dengan menganalisis tayangan video praktik baik pembelajaran pada https://youtu.be/YMflitCt1yI yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid dengan mengunakan pertanyaan -- pertanyaan pemandu sebagai berikut :
- Kira-kira
apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
“ Terwujudnya sekolah yang
berkarakter, inovatif , mandiri serta peduli “
- Apakah prakarsa perubahan yang akan
dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Prakarsa
perubahan yang dilakukan guru tersebut adalah “ mewujudkan
kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk semangat belajar “
- Apakah
Pertanyaan Utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan
video tersebut?
“ Bagaimana cara mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan
dalam belajar?” .
- Kegiatan/tindakan
apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan
BAGJA :
B. Buat pertanyaan (DEFINE)
|
NO |
Pertanyaan |
Tindakan |
|
1 |
Bagaimana
meningkatkan semangat belajar murid?
|
Guru
membicarakan dan mengali informasi dari berbagai sumber serta mebicarakan
dengan rekan sejawat maupun kepala sekolah |
|
2 |
Bagimana
mewujudkan kelas yang nyaman dan dan menyenangkan
|
Membuat
pertanyaan pemantik kepada siswa tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan
bagi kepada murid berupa membuat pertanyaan "Penyemangat Belajar".
|
A. Ambil Pelajaran (DISCOVER)
|
NO |
Pertanyaan |
Tindakan
|
|
1 |
Kelas
mana di sekolah ini yang sudah berhasil membuat kelas nyaman dan
menyenangkan?
|
Mencari
contoh nyata kelas yang sudah diatur menjadi kelas yang nyaman dan
menyenangkan untuk di observasi dan dikunjungi
|
|
2 |
Bagimana
mengatur kelas yang nyaman dan menyenangkan?
|
Mencari
informasi tentang cara menjadikan kelas nyaman dan menyenangkan dengan
mengindetifikasi bentuk pertanyaan pemandu kegitan tanya jawab dengan murid
sebagai berikut: a. Kegiatan apa yang dilakukan untuk mendapatkan kelas yang
nyaman dan menyenangkan. b.Apa yang disukai siswa tentang kelas yang
menyenangkan? dan mengiventarisasi kelas sendiri yang sudah baik dan
menyenangkan.
|
C. G Gali Mimpi (DREAM)
|
NO
|
Pertanyaan |
Tindakan |
|
1 |
Apakah
yang dibayangkan tentang kelas yang nyaman dan menyenangkan?
|
Meminta
siswa membayangkan dengan memejamkan mata kelas yang nyaman dan menyenangkan
|
|
2 |
Kelas
seperti apa yang di inginkan dan dimimpikan?
|
Mendorong
siswa untuk mengemukakan pendapat di depan/diskusi kelompok untuk
mengambarkan kelas yang nyaman dan menyenangkan
|
|
3 |
Kelas
yang nyaman dan menyenangkan seperti apa yang dapat meningkatkan semangat
belajar?
|
Siswa
mempresentasikan kelas impian yang nyaman dan menyenangkan yang dapat
meningkatkan semangat belajar dan guru mencatat seperti apa kelas nyaman dan
menyenangkan yang di inginkan
|
D. J Jabarkan Rencana
(DESIGN)
|
NO
|
Pertanyaan |
Tindakan |
|
1 |
Apa
yang harus dilakukan untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan
sesuai impian dan berapa lama target waktu untuk mencapainya?
|
Berdiskusi
serta berkolaborasi dalam mengiventarisasi hasil pemikiran /usulan dan
membuat catatan khusus target yang ingin dicapai tentang kelas yang nyaman
dan mnyenangkan sesuai impian murid.
|
|
2 |
Apa
yang dibutuhkan dan dilakukan untuk mewujudkan kelas impian sesuai keinginan
murid?
|
Guru
membagi murid dalam beberapa kelompok dan memberikan tugas untuk masing --
masing kelompok serta berkolaborasi dengan rekan guru dan murid dalam
mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan
|
E. A ATUR EKSEKUSI (DELIVER)
|
NO
|
Pertanyaan |
Tindakan |
|
1 |
Kapan
waktu untuk memulai dan siapa yang dilibatkan dalam penyusunan kelas yang
nyaman dan menyenangkan?
|
Mengeksekusi
Tindakan dengan membentuk kelompok kerja dengan tugas yang telah ditetapkan,
pembagian tugas kelompok terdiri dari membersihkan kelas,membuat hiasan
dinding,menyusun bangku dan buku juga memasang hiasan pada dinding
dilanjutkan dengan memberikan semangat dan motivasi oleh guru.
|
|
2 |
Bagimana
mengatur kelas yang nyaman dan menyenangkan? Siapa yang mengarahkan/memantau
serta mendampingi dalam pelaksanaan dan memecahkan kesulitan dalam
pelaksanaan mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan?
|
Guru
melakukan pendampingan serta membantu penyelesain apabila ditemui kendala
yang ditemui dan memberikan apresiasi kepada siswa setelah membuat ruang
kelas menjadi nyaman dan menyenangkan.
|
Apa peran pemimpin yang
tergambar dalam tayangan video?
ü Guru
menerapkan pendekatan berbasis aset karena guru fokus memanfaatkan semua aset
dan kekuatan yang dimiliki oleh kelas tersebut
ü Guru
membayangkan kesuksesan yang akan diraih di masa depan oleh para muridnya
ü Guru
mampu mengorganisasikan kompetensi dan sumber daya yang ada dan mampu membuat
rencana berdasarkan visi dan kekuatan yang ada dalam kelas
ü Guru
mampu mewujudkan suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan seperti yang di
impikan/di inginkan oleh guru dan seluruh murid
Apa saja modal utama
yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalan tayangan video? lalu
bagaimana pemanfataannya?
Untuk menjawab
pertanyaan tersebut disajikan tabel sebagai berikut
|
No |
Modal
Utama |
Contoh
Pemanfaatan |
|
1 |
Modal
Manusia
|
ü
Guru yang visioner, berjiwa pemimpin serta berpihak
pada murid ü
Guru yang berpihak pada murid yang disertai dengan
kolaborasi dengan murid yang mandiri dan kreatif dalam mewujudkan kelas yang
nyaman dan menyenangkan.
|
|
2 |
Modal
Sosial
|
ü
Kolaboratif, keharmonisan, saling percaya, tujuan
dan cita -cita yang sama ü
Hubungan sosial yang baik dengan rekan sejawat dan
murid sehingga bisa mewujudkan secara Bersama-sama tentang rencana yang baik
|
|
3 |
Modal
Fisik
|
ü
Ruang kelas, sarana prasarana yang mendukung ü
Adanya ruang kelas dan pendukungnya untuk diubah
menjadi kelas yang nyaman dan menyenangkan
|
|
4 |
Modal
Lingkungan/ Alam
|
ü
Sumber daya dan bahan -- bahan yang berasal dari
alam ü
Adanya kegiatan menghias kelas yang menggunakan
beberapa bahan dari alam |
|
5 |
Modal
Finansial
|
ü
Pendanaan dari sekolah berupa dana bos serta
sumbangan dari berbagai pihak ü
Modal finansial dalam menyediakan peralatan dan
bahan yang digunakan untuk menghias kelas oleh murid sehingga mampu
mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan
|
.png)
.png)
.png)
.png)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar