Kamis, 14 Januari 2021

Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi( Materi Kelas VIII Semester 2 )

Perkembangan ekonomi di Indonesia semakin tahun semakin berkembang. Sejak masa orde lama hingga saat sekarang ini masa reformasi. Peran dan pelaku ekonomi pun tidak terlepas dengan kata ekonomi. Karena di dalam ekonomi terdapat adanya kebutuhan yang akan dicapai untuk sebuah kepuasan. Di Indonesia sendiri ada beberapa lembaga yang bisa membangkitkan perekonomian, seperti Peran BUMN, Peran BUMS, dan Koperasi, yang dimana di dalamnya terdapat anggaran-anggaran yang disesuaikan untuk membantu perekonomian Indonesia. Tanpa adanya peran dari kegiatan ekonomi tersebut. Maka perekonomian Indonesia tidaklah bisa sempurna untuk mensejahterakan rakyat yang menjadi tujuan utama dalam pembentukan perekonomian yang sempurna. Untuk lebih lengkapnya simaklah penjelasan materi berikut!


A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian
keunggulan dan keterbatasan antarruang


Keunggulan serta keterbatasan kegiatan ekonomi di ASEAN dipengaruhi olehberbagai hal dan mempengaruhi kegiatan ekonomi yang ada didalamnya. Dalam melakukan kegiatan ekonomi tersebut, manusia memanfaatkan sumber daya ekonomi (baik alam maupun manusia) dan dalam pemanfaatan tersebut akan mempengaruhi ketersediaan SDA dan SDM. Selain itu, tak jarang permasalahan SDA dan SDM ini menimbulkan berbagai permasalahan sosial. Agar dapat mengantisipasi serta menangani masalah-masalah di atas yang mungkin terjadi memerlukan berbagai upaya agar pemanfatan SDA dan SDM tidak menimbulkan dampak negatif atau paling tidak mengurangi dampak negatif yang ditimbukan dari pemanfaatan SDA dan SDM tersebut. 

1. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan Teknologi
permintaan dan penawaran


Didalam sebuah kehidupan didunia tidak terlepas dari kegiatan ekonomi yang didalamnya terdapat permintaan dan penawaran serta teknologi untuk memenuhi kebutuhan masing-masing.

a. Permintaan

Permintaan merupakan keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu, yang disertai dengan kesediaan dan kemampuan membeli barang tersebut. Hukum permintaan berbunyi : “Semakin tinggi harga suatu barang, maka semakin sedikit jumlah barang yang diminta atau dijual dan sebaliknya”.
permintaaan


Agar hukum permintaan berlaku, maka asumsinya adalah sebagai berikut:

1). Pendapatan tetap

2). Tidak ada barang pengganti dan pelengkap

3). Selera tetap

4). Kebutuhan tetap

5). Benda tersebut bukan benda prestise

6). Tidak ada perubahan harga

Hukum permintaan dilatari oleh kenyataan bahwa orang harus memenuhi kebutuhannya sebatas anggaran atau pendapatan tertentu. Muncul masalah disini mengapa manusia harus memenuhi berbagai kebutuhan, sementara anggaran yang dimilikinya terbatas? Alasannya, setiap benda pemenuhan kebutuhan mempunyai kegunaan (utilitas)nya masing-masing sehingga orang akan berupaya memenuhi kebutuhan dengan menyamakan pertambahan kegunaan (utilitas marginal) benda pemuas kebutuhan yang dikonsumsinya.

Faktor yang mempengaruhi permintaan :

a). Harga barang itu sendiri.

b). Harga barang lain yang berkaitan.

c). Tingkat pendapatan.

d). Ekspektasi/perkiraan.
faktor yang mempengaruhi permintaan


b. Penawaran


Penawaran atau yang sering disebut supply adalah kuantitas barang dan jasa yang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Pengertian ini berlaku dengan menganggap hal-hal lain selain harga tetap konstan (ceteris paribus).Dalam hukum penawaran, harga memainkan peran penting dalam mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan. Semakin tinggi harga semakin tinggi pula kuantitas barang dan jasa yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang dan jasa, semakin rendah pula kuantitas barang dan jasa tersebut yang ditawarkan. Semua itu seperti yang sudah dijelaskan pada bunyi hukum penawaran yaitu "Apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila harga dan jasa menurun, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan semakin menurun, ceteris paribus."

Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:

1). Harga barang itu sendiri.

2). Harga sumber produksi.

3). Tingkat produksi.

4). Ekspektasi/perkiraan.



faktor yang mempengaruhi penawaran

c. Teknologic

internet banking


Teknologi telah memengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki, yang disebut pencemar, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya. Berbagai macam penerapan teknologi telah memengaruhi nilai suatu masyarakat dan teknologi baru seringkali mencuatkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Sebagai contoh, meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam konteks produktivitas manusia.Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Teknologi yang berkembang pesat, baik teknologi informasi, komunikasi, maupun transportasi. Sehingga orang dapat berhubungan melewati batas-batas negara. 

1). Dampak positif teknologi informasi dan komunikasi di bidang ekonomi adalah:

a). Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.

b). Terjadinya industrialisasi.

c). Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. 

d). Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambahskill dan pengetahuan yang dimiliki.

e). Kemajauan ekonomi dalam bidang kedokteran mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi.

f). Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.

g). Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
dampak positife tekhnolpogi



2). Beberapa dampak negatif dari Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang pemerintahan, antara lain:

a). Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.

b). Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.

c). Dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan banyaknya terjadi kasus penipuan dalam perdagangan online.

d). Resistensi Membeli Secara Online. Bagi orang awam yang belum pernah bertransaksi secara online, akan merasa janggal ketika harus bertransaksi tanpa bertatap muka atau melihat penjualnya. Belum lagi ketakutan bila pembayaran tak terkirim atau tak diterima. Atau barang tak dikirim, atau bahkan barang dikirim tetapi tak diterima.

e). Violance and Gore. Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan dalam dunia bisnis di internet. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat menjual situs mereka, salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang tabu.

f). Carding Karena sifatnya yang langsung (real time), cara belanja dengan menggunakn kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internetpun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. 
pembobolan kartu



g). Cybercrime adalah kejahatan yang di lakukan seseorang dengan sarana internet di dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar